TRANSFORMASI MODEL DATA KE BASIS DATA FISIK




Pentransformasisan suatu model data ke dalam bentuk basis data fisik dengan mentransformasiksan komponen ERD (himpunan entitas dan relasi) menjadi bentuk tabel yang merupakan komponen utama pembentuk basis data. Atribut yang ada pada masing-masing himpunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari tabel yang sesuai.

TRANSFORMASI DASAR
dari model data ke basis data fisik



Nis
Nama
alamat
Tgl_lahir



TRANSFORMASI DASAR BERDERAJAT RELASI  1-1 
yang menghubungkan 2 buah himpunan entitas yang direpresentasikan dalam bentuk penambahan/penyertaan atribut-atribut relasi ke tabel yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas.


Tabel Dosen
Kode_dos
Nama_dos
Alamat



Tabel Jurusan
Kode_jur
Nama_jur
Kode_dos






TRANSFORMASI DASAR BERDERAJAT RELASI 1-N
menguhubungkan 2 buah himpunan entitas, juga akan direpresentasikan dalam bentuk pemberian/pencantuman atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 ke tabel yang mewakili himpunan entitas berderajat N. dimana atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 menjadi atribut tambahan bagi himpunan entitas berderajat N.

Tabel Dosen
Kode_dos
Nama_dos



Tabel Mata Kuliah
Kode_kul
Nama_kul
SKS
Semester
Kode_dos
Tempat
Waktu










TRANSFORMASI DASAR BERDERAJAT RELASI N-N
menghubungkan 2 buah himpunan entitas, diwujudkan dalam bentuk tabel khusus yang memiliki field (tepatnya foreign key) yang berasal dari key-key dari himpunan entitas yang dihubungkannya.


Tabel Mata Kuliah
Kode_kul
Nama_kul
SKS
Semester





Tabel Mempelajari/Nilai
NIM
Kode_kul
Index_nilai




Tabel Mahasiswa
NIM
Nama_mhs
Alamat_mhs




IMPLEMENTASI HIMPUNAN ENTITAS KUAT DAN LEMAH

1 Response